Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau, Mana Yang Lebih Berbahaya Untuk Kesehatan??

Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau – Rokok Elektrik pertama kali di ciptakan pada tahun 2003 silam, Rokok elektrik pada awalnya diciptakan untuk membantu para perokok supaya berhenti merokok, rokok elektrik ini di buat oleh seorang apoteker supaya asap roko berkurang, rokok elektrik atau dikenal juga dengan nama Vape dimana komponen vape ini terdiri dari baterai,  cartridge yang berisikan cairan serta terdapat elemen pemanas yang berfungsi sebagai penghangat yang mampu menguapkan cairan yang terdapat pada cartridge sehingga tercipta asap dari Vape ini. Nah untuk kesemapatan kali ini asfarsyahrul.com akan mengulas mana yang lebih berbahya antara Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau.

Fakta Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau

Bahaya Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau

Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau

  • Rokok tembakau menghasilkan asap dari rokok tembakau yang di bakar sedangkan Rokok Elektrik akan menghasilkan asap dari cairan yang terdapat dalam cartridge yang melalui penguapan, serta menghasilkan nikotin dari pemanasan oleh elemen.
  • Rokok Tembakau dapat menimbulkan penyakit akut seperti jantung, paru-paru, Impotensi, serta dapat menggu kemahilan dan janin, sedangkan Rokok Elektrik dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan dan tenggorokan.
  • Rokok tembakau mengandung zat kimia yang berbahaya seperti nokoti, tar, karbon monoksida, serta kandungan zat berbahay lainnya, sedangkan Rokok Elektrik  mengandung nikotin, pemanis buatan dan perasa buah-buahan.
  • Rokok Tembakau akan menghasilkan sampah seperti abu rokok dan puntung rokok sedangkan Rokok Elektrik  tidak menghasilkan sampah.
  • Rokok Elektrik akan menghasilkan uap yang larut dalam cairan, sedangkan Rokok Tembakau akan meninggalkan bau namun tak larut dalam air.
  • Harga satu bungkus rokok tembakau dijual sekitar Rp 18.000, sedangkan untuk Rokok Elektrik dibandrol sekitar Rp 300.000
  • Untuk rokok Tembakau telah diatur dalam peraturan pemerintah no 109, sedangkan Rokok Elektrik belum ada aturan dalam Undang-undang

Setalah Melihat fakta-fakta Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau, pertanyaan sekarang mana yang lebih aman, Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau?? Berikut penjelasannya:

Peneliti dari National Institute of Public Health di Jepang yakni dr. Nauki Kanugita menyebutkan bahwa dalam sebuah rokok elektrik atau Vape ditemui 10 kali tingkat Karsinogen ( karsinogen adalah kelompok zat yang mampu merusak DNA, serta dapat membantu pertumbukan kanker) dibanding sebatang roko tembakau.

Baca Juga:

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan yakni Tjhandra Yoga Aditama juga menyebutkan dalam satu siaran persnya mengemukakan bahwa nikotin yang terkandung dalam sebuah rokok elektrik terdapat 4 jenis komposisi dalam yang semuanya mengandungng, nikotin dan propilen glikol.

Nah itulah fakta dan bahaya Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau, dari ulasan artikel diatas tergantung anda menilai yang mana menurut  anda aman, Namun untuk kedua jenis ini tidak ada yang lebih aman dibandingkan dengan berhenti merokok.

 

Rokok Elektrik vs Rokok Tembakau, Mana Yang Lebih Berbahaya Untuk Kesehatan?? | admin | 4.5